Header Ads

test

Terkejut Suara Asyik Meroket, Ade Armando: Terlalu Riskan Sebut Ridwan Kamil Menang


Media Bangsa, Perolehan suara Sudrajat – Ahmad Syaikhu di luar prediksi. Survei-survei dari sembilan lembaga survei sebelum Pilgub menyatakan pasangan Asyik itu hanya mendapat suara di bawah 10 persen.



Setelah pencoblosan, suara Asyik menjungkir balikkan hasil-hasil survei tersebut.

Perolehan suara Sudrajat – Ahmad Syaikhu membuat banyak kalangan terkejut. Salah satunya Ade Armando, peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Ade bahkan tidak bisa menyimpulkan pasangan Ridwan Kamil – Uu Ruzhanul Ulum sebagai pemenang Pilkada Jabar hanya dari quick count.

"Kalau daerah lain saya pastikan hasil quick count sudah bisa diambil patokan. Khusus Jabar terlalu riskan bila memutuskan Ridwan Kamil yang menang karena selisihnya hanya 2,7 persen. Bila meperhitungkan margin eror 1,2 persen, maka selisihnya dengan Sudrajat hanya 0,2 persen," ungkap Ade, Rabu (27/6/2018), seperti dikutip JPNN.

Ia menambahkan, bisa saja pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu yang menang. Karena itu warga Jabar diminta untuk bersabar menunggu hasil perhitungan KPU.

"Saya yakin peneliti di semua lembaga tidak bisa menarik kesimpulan Ridwan pemenangnya. Pilkada Jabar ini sangat mengejutkan dan unik," tegasnya.

Seperti diketahui, hasil quick count SMRC menunjukkan Ridwan Kamil – Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) meraih 32,26 persen. Sedangkan Sudrajat – Ahmad Syaikhu (Asyik) : 29,58 persen.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanudin Muhtadi juga mengaku terkejut dengan hasil quick count Sudrajat – Ahmad Syaikhu.

"Pilkada Jabar cukup mengejutkan. Pasangan Sudrajat dalam sebulan bisa naik suaranya dari prediksi sebelumnya 10 persen," kata Burhanudin Muhtadi, Rabu (27/6/2018).

Bahkan menurut quick count dua lembaga survei, Sudaraj – Ahmad Syaikhu unggul. Dua lembaga survei yang hasil hitung cepatnya menunjukkan Ajak-Syaikhu menang adalah Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) dan Indonesia Development Monitoring (IDM).

Berikut ini hasil quick count Pilgub Jabar 2018 oleh LKPI dan IDM:

Hasil Quick Count LKPI

Ridwan Kamil – Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) : 30,41 persen
Hasanuddin – Anton Charliyan (Hasanah) : 11,17 persen
Sudrajat – Ahmad Syaikhu (Asyik) : 30,93 persen
Deddy Mizwar – Dedi Mulyadi (2DM) : 27,49 persen

Data masuk: 100% (Pukul 21:00 WIB)
Jumlah sampel 2.780 TPS, 67,3 persen di antaranya merupakan TPS di desa-desa

Hasil Quick Count IDM


  1. Ridwan Kamil – Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) : 32,67 persen
  2. Hasanuddin – Anton Charliyan (Hasanah) : 9,43 persen
  3. Sudrajat – Ahmad Syaikhu (Asyik) : 33,12 persen
  4. Deddy Mizwar – Dedi Mulyadi (2DM) : 24,78 persen

Data masuk: 100% (Pukul 20:41 WIB)
Jumlah sampel 3.573 TPS, dengan margin error +/- 1,6 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasil lengkap enam lembaga survei bisa dibaca di Hasil Quick Count Pilgub Jabar 2018

sumber: tarbiyah

Tidak ada komentar